Mengenal Lebih Jauh Material Dan Jenis Panel Dinding 3D

Beri Rating
Rating Kostumer Kami
[Total: 2 Average: 5]

Panel dinding 3D telah menjadi salah satu pilihan panel dinding yang paling populer dalam desain interior saat ini. Fakta bahwa Anda dapat mencari gambar dari internet dan kemudian menggunakan desain ini pada panel dinding 3D rumah Anda membuat Anda mendapatkan kebebasan penuh dalam mengimajinasikan dekorasi ruangan rumah Anda.

Penggunaan panel dinding 3D sangat berguna di ruangan yang besar dengan minimal furnitur, selain itu juga membantu untuk menciptakan ilusi animasi dinding atau lebih tepatnya dinding terlihat menjadi lebih hidup.

Mengenal jenis panel dinding 3D

Berbagai jenis panel dinding 3D terutama dibedakan dari material pembuatan. Jenis-jenisnya antara lain:

  • panel dinding 3D terbuat dari kaca
  • panel dinding 3D MDF
  • panel dinding 3D Gypsum
  • panel dinding 3D GRC
  • panel 3D Serat Tanaman
  • panel 3D PVC

Dinding 3D terbuat dari kaca

Panel ini dibuat dengan material kaca dengan abstraksi dan pola yang membantu menciptakan efek 3D. Panel ini biasanya memiliki ukuran 4 sampai 6 inci dan jenis kaca yang digunakan adalah kaca tempered. Ini karena kaca tempered 6 kali lebih kuat dari kaca biasa.

Panel dari kaca tempered dipastikan tidak mudah pecah, kecuali jika dipukul dengan benda keras (palu misalnya). Kelemahannya, Anda tidak cukup bebas menentukan warna karena tidak bisa di lakukan pengecatan.

Panel Dinding 3D MDF

Panel jenis ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar MDF. Kelebihannya dapat dengan mudah di veneer, dicat atau dilaminasi.

Proses pembuatan menggunakan mesin cnc router (mesin ukir), lembaran mdf di potong sesuai ukuran yang diinginkan lalu diukir satu persatu. Harga mesin cnc yang mencapai ratusan juta dan proses pengerjaan yang cukup lama membuat harga yang ditawarkan akan cukup mahal.

Kekurangan dari panel jenis ini adalah tidak tahan api dan kurang tahannya pada terhadap serangan jamur di suasana yang lembab.

Panel dinding 3D Bambu

Panel bambu cukup baru di pasar. Terkenal tidak hanya karena efek dekoratifnya, tetapi juga karena ramah lingkungan. Satu panel bambu berukuran 50cm persegi memiliki berat sekitar 250-300 gram saja. Menggunakan bahan perekat, panel ini dapat dengan mudah dipasang di dinding.

Seperti halnya panel MDF, yang ini dengan mudah dapat dicat agar sesuai dengan skema warna ruangan.

Panel 3D Gipsum

Yang menjadi dasar utama kami untuk menggunakan material gipsum sebagai bahan membuat panel adalah bahwa gipsum mudah direkayasa menjadi berbagai macam bentuk serta tekstur. Gipsum sebagai material non struktural memiliki banyak kelebihan, aman dan mudah diaplikasikan dalam hunian.

Proses manufaktur gipsum juga memperhitungkan kemungkinan pewarnaan selanjutnya. Jadi tanpa perlu biaya mahal untuk cat kusus dan biaya penyemprotan, Anda dapat dengan mudah mengganti warna dinding setiap saat.

Tidak seperti MDF dan plastik panel, gipsum jauh lebih kuat dan kokoh (Baca: Kelebihan Panel dinding 3D gipsum).

Panel dinding 3D PVC

Panel dekoratif ini terbuat dari plastik cor yang umumnya dikenal sebagai PVC.

Tulis Komentar

%d blogger menyukai ini: