3D Wall Panel | GRC Krawangan | Kubah GRC

Mengenal Macam Bentuk, Model Desain Kubah Masjid GRC

Kali ini kita akan coba bahas macam bentuk, model desain kubah GRC. Kubah Masjid GRC umumnya merupakan elemen arsitektur yang menyerupai bola atau setengah bola. Model kubah masjid minimalis maupun modern pastinya memiliki struktur melengkung, tidak memiliki sudut dan oleh karena inilah terlepas dari tebal tipisnya kubah GRC memiliki struktur yang kuat dan kokoh.

Ketahanan struktur kubah masjid

Kubah tahan gempa

Uji tabel goyang menunjukkan bentuk kubah tahan terhadap gempa. Tes berikut telah dilakukan untuk membuktikan kekuatan kubah

  • TES AWAL: Awalnya, 5,5 ton kantong pasir dibebankan di bagian atas. dari kubah berdiameter 24 kaki sebelum kemudian di uji dengan empat pengaturan gempa yang berbeda. Dalam setiap kasus, kubah tidak mengalami kerusakan.
  • TES AKHIR: Setelah melewati tes awal, kubah dibebani dengan tambahan 10 ton kantong pasir serta 8,5 ton pelat baja dengan total 24 ton. Namun, kubah itu tidak bergeming.

Kedap suara

Kubah juga kedap suara. Desain kubah hanya sedikit suara luar yang bisa menembusnya. Stres yang bekerja pada struktur berbentuk kubah tersebar merata di permukaan karena tidak memiliki sudut.

Tahan retak dan bocor

Karena tidak memiliki sudut, akibatnya konsentrasi tegangan tidak terjadi di permukaan Kubah dan oleh karenanya tahan terhadap retak yang mengakibatkan kebocoran. Keretakan tidak dapat memulai dan merambat dengan mudah.

Jenis berdasarkan model desain kubah Masjid GRC

Kubah Kerambi

Model kubah kerambi cukup banyak kita temukan di masjid-masjid di seluruh Indonesia. Bentuk kubah masjid sederhana saja, setengah lingkaran dengan sedikit leher. Bentuk kubah yang sederhana ini hampir selalu cocok di aplikasikan di desain kubah masjid minimalis maupun modern.

Seiring perkembangan, kubah GRC model kerambi banyak desain kubah variasi yang bisa di ciptakan.

Kubah Bawang

 

Bentuk kubah yang satu ini juga banyak kita temui di masjid-masjid. Seperti namanya, kubah bawang memiliki bentuk dasar seperti bawang. Dengan material GRC, banyak sekali variasi bentuk yang bisa di kembangkan dari kubah bawang seperti contoh di bawah. Kubah GRC bawang.

 

 

 

Kubah Payung

kubah Setengah Lingkaran

Untuk pemesanan kubah GRC silahkan hubungi kami melalui WA 081380374672, di jamin harga bersahabat.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *